KELUARGA ALLAH YANG SALING BERFUNGSI, HIDUP DALAM FIRMANNYA, BERTUMBUH DALAM KASIH KEPADA ALLAH DAN SESAMA, MEMENANGKANKAN JIWA DAN MERAWATNYA ------- Sukseskan 40 Days Life Of Transformation 31 Maret 2013 - 9 Mei 2013. --------

Jumat, 27 Januari 2012

Cara Sederhana Untuk Membuka Alkitab

oleh Rick Warren

“Hendaklah perkataan Kristus tinggal dengan segala kekayaannya di antara kamu.” (Kolose 3:16a)
Mempelajari Alkitab dengan cara yang mengubah hidup tidak membutuhkan peralatan yang mahal.  Anda tidak perlu buku tafsir Alkitab atau perangkat lunak pemahaman Alkitab.  Bahkan, bila anda terdampar di sebuah pulau terpencil dan hanya membawa Alkitab, anda bisa menggunakan cara sederhana yang akan anda pelajari dalam renungan hari ini.

Kemarin saya menekankan pentingnya merenungkan Firman Allah.  Allah berkata bahwa bila kita merenungkan FirmanNya, kita akan berhasil.  Berikut ini adalah metoda yang dapat anda gunakan untuk merenungkan Firman Allah dengan cara yang akan menyenangkan hati Allah.

Metoda renungan Alkitab “penekanan” merupakan cara yang mudah untuk merenungkan Firman Allah – dan anda akan memperoleh setiap tetes nutrisi darinya.

Anda mulai dengan sebuah ayat dan membacanya berulang-ulang.  Setiap kali anda membaca, berikan penekanan pada kata yang berbeda.  Ini cara yang sangat sederhana untuk membuka kunci Firman Allah.  Anda dapat melakukannya bahkan bila ini kali pertama anda membuka Alkitab.  Sederhana tapi sangat luar biasa.  Setiap kali anda menekankan sebuah kata, anda akan mendapatkan sudut pandang yang berbeda.
Sebagai contoh, mari kita ambil bagian pertama dari Kolose 3:16.  Ayat ini berbunyi,  “Hendaklah perkataan Kristus tinggal dengan segala kekayaannya di antara kamu”.

Kali pertama anda membaca ayat ini, tekankan kata “hendaklah”.  “Hendaklah perkataan Kristus tinggal dengan segala kekayaannya di antara kamu.”   Apa artinya hendaklah ?  Hendaklah berarti “beri ijin”.  Sayalah yang harus membuka pintu, itu merupakan pilihan.  Kita harus memilih untuk mengijinkan Firman Allah tinggal dengan segala kekayaannya dalam hidup kita.

Kemudian, bacalah ayat itu sekali lagi dengan menekankan kata “perkataan”.  “Hendaklah perkataan Kristus tinggal dengan segala kekayaannya di antara kamu.”   Ini berarti bahwa saya perlu memasukkan Firman Allah ke dalam pikiran saya.


Kemudian, tekankan kata ketiga dalam ayat ini, “Kristus”.   Anda tidak sedang mendalami perkataan seorang filsuf, guru, atau pembawa acara talk show.  Anda sedang mendalami perkataan Kristus !  Saya tidak ingin membiarkan perkataan dunia tinggal dalam saya, tapi itulah yang akan terjadi bila saya menghabiskan waktu saya untuk menonton TV dan bukan membaca Firman Allah.


Kemudian pusatkan perhatian anda pada kata “tinggal”.  “Hendaklah perkataan Kritus tinggal di antara kamu.”   Kata “tinggal” berarti “diam di sana untuk waktu yang lama”.  Anda tidak boleh tergesa-gesa membaca Firman Allah supaya anda dapat mulai bekerja.  Mengijinkan Perkataan Kristus tinggal dalam diri anda berarti mengijinkannya hidup dalam diri anda.  Memang baik bila perkataan Kristus ada di sekitar anda.  Anda bisa memasangnya pada stiker atau di bumper mobil anda, tapi hidup anda tidak akan berubah kecuali bila anda mengijinkannya tinggal di dalam diri anda.

Sekarang, beri penekanan pada kata “dengan segala kekayaannya”.  Apa artinya itu?  Dengan segala kekayaannya adalah lawan dari dengan segala kekurangannya.  Dengan kata lain, itu berarti mewah, berlimpah, dan hebat.  Allah tidak ingin PerkataanNya menjadi sesuatu yang buruk dalam hidup anda.  Ia ingin menciptakan keindahan dalam hidup anda.

Akhirnya tekankan kata “kamu”.  Alkitab bukan hanya Perkataan Allah untuk pendeta, dosen sekolah Alkitab, atau guru Sekolah Minggu; Alkitab adalah perkataan Allah untuk anda!   Alkitab adalah pengajaran untuk setiap orang peraya

Dapatkah anda melihat semua permata indah yang dapat anda temukan dengan hanya memperhatikan kata-kata satu persatu?  Anda tidak perlu sekolah Alkitab atau buku-buku tafsir tebal dari perpustakaan.  Anda dapat melakukannya sendiri!

Percakapkan
  • Bagaimana rencana anda untuk tinggal dalam Perkataan Kristus sepanjang hari ini?
  • Apakah hidup anda mencerminkan kekayaan Firman Allah dan kasih karuniaNya?  Akankah hidup anda berbeda apabila anda mengijinkan Firman Allah mengubah hidup anda?