KELUARGA ALLAH YANG SALING BERFUNGSI, HIDUP DALAM FIRMANNYA, BERTUMBUH DALAM KASIH KEPADA ALLAH DAN SESAMA, MEMENANGKANKAN JIWA DAN MERAWATNYA ------- Sukseskan 40 Days Life Of Transformation 31 Maret 2013 - 9 Mei 2013. --------

Jumat, 03 Februari 2012

Cara Mempelajari Firman Allah

Oleh Rick Warren

“Singkapkanlah mataku, supaya aku memandang keajaiban-keajaiban dari TauratMu.” (Mazmur119:18)

Mempelajari Firman Allah pasti akan mengubah hidup anda kalau anda menerapkan apa yang anda pelajari. Tetapi semuanya dimulai dari kesediaan anda untuk mempelajarinya.

Alkitab berkata, “Singkapkanlah mataku, supaya aku memandang keajaiban-keajaiban dari TauratMu.” (Mazmur 119:18)


Ada banyak sekali yang ingin ditunjukkan Allah pada kita, tapi kita harus bersedia meneliti FirmanNya dengan mata terbuka.


Jadi bagaimana cara mempelajari Firman Allah? Pemahaman Alkitab yang efektif, apapun metoda yang anda gunakan, memiliki lima bagian. Kita akan membahas dua diantaranya hari ini dan tiga lagi besok.

1. Ajukan pertanyaan yang tepat.

Belajar memahami Alkitab adalah belajar mengajukan pertanyaan yang baik dari apa yang anda baca. Tidak ada batasan berapa pertanyaan yang bisa anda ajukan, karena Firman Allah memang tidak terbatas hikmat dan pengertiannya. Semakin dalam anda menggali, semakin banyak emas yang akan anda temukan.

Mengajukan pertanyaan dari bagian yang anda baca akan menolong anda untuk melihat bacaan tersebut melalui sudut pandang yang baru. Tiba-tiba, setiap kali anda membuka Alkitab untuk mempelajarinya, kebenaran-kebenaran baru akan melompat keluar.

2. Tuliskan hasil pengamatan anda.

Jangan pernah mempelajari Alkitab tanpa menyediakan kertas dan pena (atau komputer untuk mengetik bila anda lebih menyukainya). Kemudian ajukan pertanyaan anda dan ketika anda menemukan jawabannya, tuliskanlah itu. Anda bisa saja membaca Alkitab tanpa menulis apa-apa, tapi membaca tidak sama dengan mempelajari.

Dawson Trotman, pendiri pelayanan Para Navigator pernah berkata, “Gagasan-gagasan menjadi lebih jelas ketika mereka melalui bibir dan tangan.” Artinya, bila anda tak dapat mengatakannya dan tak dapat menuliskannya, maka sebenarnya anda belum benar-benar memikirkannya. Bahkan bila anda tidak mengerti apa-apa tentang satu ayat, tuliskan saja bahwa anda tidak mengerti. Tindakan menulis itu akan membuka pemikiran-pemikiran baru.


Percakapkan

Pertimbangkan tempat yang anda pakai untuk mempelajari Firman Allah setiap hari. Apakah tempat itu menolong atau menghambat anda untuk fokus?