KELUARGA ALLAH YANG SALING BERFUNGSI, HIDUP DALAM FIRMANNYA, BERTUMBUH DALAM KASIH KEPADA ALLAH DAN SESAMA, MEMENANGKANKAN JIWA DAN MERAWATNYA ------- Sukseskan 40 Days Life Of Transformation 31 Maret 2013 - 9 Mei 2013. --------

Jumat, 03 Februari 2012

Prinsip-Prinsip Pemahaman Alkitab (Bagian 2)

oleh Rick Warren

“Tetapi Yesus menjawab: ‘Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah.’”   (Matius 4:4)

Allah ingin kita menerapkan FirmanNya dan mengijinkannya mengubah hidup kita.  Tetapi semua itu dimulai dari mempelajari Firman Allah.  Bagaimana cara melakukannya?  Kemarin saya memberi anda dua prinsip umum pemahaman Alkitab yang berlaku bagi semua metoda belajar Alkitab.

1. Ajukan pertanyaan yang tepat.

2. Tuliskan hasil pengamatan anda.

Hari ini, saya akan membagikan tiga lagi.

3. Terapkan Firman Allah.  Anda pindah dari “apa” menuju “jadi bagaimana” dan melakukan apa yang dikatakan Alkitab.  Tujuan akhir dari semua pemahaman Alkitab adalah penerapannya.  Dengan kata lain, bagaimana Firman ini mengubah hidup saya?  Kita tidak boleh puas dengan hanya mempeoleh pengertian.  Kita ingin menerapkan prinsip-prinsip Alkitab dalam hidup kita sehari-hari.

Interpretasi tanpa aplikasi adalah aborsi!  Anda menghentikan prosesnya sebelum proses itu memberikan hasil.  Semua usaha kita mempelajari Alkitab tidak ada nilainya, bila, pada akhirnya kita tidak menjadi lebih seperti Kristus.

Bahkan sebenarnya, anda hanya mempercayai bagian Alkitab yang telah anda terapkan.  Apakah anda percaya bahwa anda harus membagikan Kristus kepada orang lain?  Apakah anda percaya perpuluhan?  Apakah anda melakukannya?  Bila tidak, maka anda tidak sepenuhnya percaya apa yang diajarkan Alkitab tentang hal-hal itu.  Masalah umum yang kita hadapi bukanlah kurangnya pengertian; melainkan penerapan apa yang kita mengerti!

4. Pelajari Alkitab secara sistematis.   Jangan hanya mempelajari Alkitab secara serampangan.  Anda dapat mempelajarinya secara sistematis melalui pembelajaran ayat demi ayat, buku demi buku, topik demi topik, atau secara tematis.  Lawan dari pembelajaran secara sistematis adalah metoda “dip and skip”, yaitu anda membuka Alkitab anda lalu anda menunjuk ayat yang ingin anda pelajari.  Itu tidak akan memberikan hasil yang Allah inginkan dalam hidup anda.

5. Bacalah Alkitab berulang-ulang.   Cara yang sederhana ini akan mengubah hidup anda.  Sangat mengherankan berapa banyak yang dapat anda pelajari dari satu perikop bila anda mempelajari perikop itu berulang-ulang lalu kembali lagi ke sana beberapa bulan kemudian.  Semakin sering anda membaca satu bagian, semakin banyak yang akan anda peroleh daripadanya.

Tak ada waktu yang lebih tepat selain hari ini untuk memulai pemahaman Alkitab anda sendiri.  Apapun yang anda putuskan untuk dipelajari, terapkan kelima prinsip ini dan anda akan memperoleh manfaat dari apapun yang anda pelajari.

Percakapkan
  • Dalam bidang hidup apakah anda yakin Allah ingin anda menerapkan FirmanNya hari ini?
  • Apakah anda memiliki mitra belajar untuk saling mempertanggungjawabkan?  Bila tidak, apakah menurut pendapat anda memiliki mitra akan menolong anda lebih rajin belajar Alkitab?