KELUARGA ALLAH YANG SALING BERFUNGSI, HIDUP DALAM FIRMANNYA, BERTUMBUH DALAM KASIH KEPADA ALLAH DAN SESAMA, MEMENANGKANKAN JIWA DAN MERAWATNYA ------- Sukseskan 40 Days Life Of Transformation 31 Maret 2013 - 9 Mei 2013. --------

Rabu, 08 Februari 2012

Anda Perlu Membuat Rencana

oleh Rick Warren

“Rencana orang rajin membawa kelimpahan; tindakan tergesa-gesa mengakibatkan kekurangan.”  (Amsal 21:5 ABIS)

Bersaat teduh tidak jauh berbeda dengan banyak kegiatan lain yang anda lakukan – sekurang-kurangnya dalam satu hal.  Supaya berhasil, anda perlu merencanakannya dengan baik.  Alkitab berkata, “Rencana orang rajin membawa kelimpahan; tindakan tergesa-gesa mengakibatkan kekurangan.” (Amsal 21:5 ABIS)

Bila anda tidak pernah saat teduh sebelumnya, mungkin anda tidak tahu harus membuat rencana yang bagaimana.  Kesederhanaan merupakan hal penting dalam setiap rencana.  Bila terlalu rumit, mudah sekali bagi anda untuk tidak melakukannya. Untuk memiliki saat teduh yang efektif, yang benar-benar anda perlukan hanyalah sebuah Alkitab, buku catatan, dan barangkali sebuah buku nyanyian.


Jadi seperti apakah saat teduh itu?

Pertama, diamlah di hadapan Allah.  Alkitab menyebutnya menanti-nantikan Allah.  Anda mulai dengan duduk diam dan tutup mulut.  Ketika anda melakukannya, anda akan merasakan mesin tubuh anda melambat dan anda menjadi tenang. 
Kedua, naikkan doa pendek.  Mulailah dengan sebuah doa pembukaan yang pendek,  Mintalah Allah untuk membuka pikiran anda dan menuntun anda.  Minta Dia untuk membersihkan pikiran anda.

Bacalah satu bagian pendek dari Firman Allah.  Di sinilah percakapan anda dengan Allah dimulai.  Ia akan mulai berbicara melalui FirmanNya, dan kemudian anda berbicara kepadaNya melalui doa.  Bacalah Alkitab perlahan-lahan.  Jangan membaca terlalu cepat atau terlalu banyak.  Semakin lambat anda membaca, semakin anda dipaksa untuk memikirkan apa yang anda baca.

Renungkan Firman Alah.  Ambillah waktu untuk mencerna apa yang dikatakan Allah.  Kunyah Firman Allah seperti sapi mengunyah rumput.  Pikirkan dan gumulkan itu dalam pikiran anda.  Ada banyak metoda hebat untuk merenungkan Firman Allah.  Anda bisa mempelajari beberapa metoda merenungkan Firman Allah dalam buku saya Rick Warren’s Bible Study Methods.

Tuliskan penemuan anda.  Ketika Allah berbicara kepada anda melalui FirmanNya, bersikaplah peduli dengan menuliskannya.  Itu akan menolong anda mengingat apa yang telah dikatakan Allah kepada kita dan mencatat penemuan-penemuan kita

Berdoalah sekali lagi.  Tenanglah.  Mintalah Allah menunjukkan FirmanNya.  Berbicaralah kepada Allah tentang apa yang dikatakanNya kepada anda.  Ceritakan kepadaNya pa yang ada dalam pikiran anda tentang apa yang dikatakanNya.  Berbicaralah dengan Dia tentang segala segala sesuatu yang ada dalam pikiran anda juga.
Ada banyak cara untuk bersaat teduh, tetapi mengikuti satu rencana seperti ini akan menolong anda untuk memulai perjalanan devosional yang sungguh memuaskan.

Percakapkan
  • Pernahkah anda memandang saat teduh sebagai percakapan yang akrab dengan Allah?
  • Hal-hal apa yang biasanya mengalihkan perhatian anda untuk “teduh” dan karena itu perlu anda hilangkan?