KELUARGA ALLAH YANG SALING BERFUNGSI, HIDUP DALAM FIRMANNYA, BERTUMBUH DALAM KASIH KEPADA ALLAH DAN SESAMA, MEMENANGKANKAN JIWA DAN MERAWATNYA ------- Sukseskan 40 Days Life Of Transformation 31 Maret 2013 - 9 Mei 2013. --------

Rabu, 08 Februari 2012

Gali Alkitab Dengan Pertanyaan

“Tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku Firman dan bukan hanya pendengar saja, sebab jika tidak demikian kamu menipu diri sendiri.”  (Yakobus 1:22)
Seperti sudah saya ajarkan selama beberapa minggu terakhir ini, meditasi Kristen berarti memikirkan Firman Tuhan.  Anda merenungkan Firman Allah seperti seekor sapi memamah makanannya; dengan mengunyah dan mengunyah dan mengunyah.

Metoda pemahaman Alkitab “Menggali” merupakan cara yang hebat untuk melakukannya.  Ketika anda menggunakan metoda itu, anda menggali bagian Alkitab dengan pertanyaan.  Untuk menolong anda melakukannya, saya akan membagikan beberapa pertanyaan yang dapat anda ajukan:
  1. Adakah DOSA yang harus diakui?    Apakah Firman Allah membuat saya menyadari sesuatu yang perlu saya bereskan dengan Allah?
  2. Adakah JANJI yang dapat diklaim?   Ada lebih dari 7000 janji dalam Firman Allah. Tanyakan pada diri sendiri apakah bagian Alkitab yang anda baca mengandung janji yang berlaku umum.  Tanyakan apakah anda telah memenuhi syarat untuk mendapatkan janji itu.  Setiap janji mengandung syarat!
  3. Adakah SIKAP yang harus diperbaiki?  Adakah sesuatu yang perlu saya pikirkan secara berbeda?  Apakah saya perlu memperbaiki sikap negatif, kuatir, rasa bersalah, rasa takut, rasa kesepian, kepahitan, kesombongan, apatis, atau ego?
  4. Adakah PERINTAH yang harus ditaati?   Adakah perintah yang perlu saya taati bagaimanapun perasaan saya?
  5. Adakah TELADAN yang harus diikuti?   Adakah contoh-contoh positif yang harus diikuti atau contoh-contoh negatif yang harus dihindari?
  6. Adakah DOA yang harus dinaikkan?   Paulus, Daud, Solomo, Elia, dan Yesaya, adalah beberapa pendoa dalam Alkitab.  Anda dapat menggunakan doa-doa mereka dan anda tahu bahwa doa-doa itu akan dijawab karena ada di Alkitab dan selaras dengan kehendak Allah.
  7. Adakah KESALAHAN yang harus dihindari?   Bijaksana sekali belajar dari kesalahan, dan lebih bijaksana lagi belajar dari kesalahan orang lain!  Kita tidak punya waktu untuk membuat semua kesalahan sendiri.  Jadi apa yang dapat kita pelajari dari kesalahan-kesalahan yang dibuat orang dalam Alkitab?
  8. Adakah KEBENARAN yang harus diyakini?   Sering kali, kita membaca sesuatu dalam Alkitab yang tak bisa kita apa-apakan.  Kita hanya harus percaya saja apa yang dikatakannya tentang Allah Bapa, Yesus, Roh Kudus, masa lalu, masa depan, Surga, Neraka dan berbagai topik lain dalam Alkitab.
  9. Adakah SESUATU yang harus disyukuri kepada Allah?   Amda dapat selalu mendapatkan sesuatu dalam bagian Alkitab yang dapat anda syukuri, misalnya sesuatu yang telah dilakukan Allah atau perlindungan yang diberikan Allah.
Semua pertanyaan dalam daftar tadi mengandung kata kerja.  Ada sesuatu yang dapat anda lakukan sehubungan dengan pertanyaan-pertanyaan itu.  Tulislah dalam Alkitab atau kartu yang anda selipkan dalam Alkitab anda.  Semua itu akan menolong anda menjadi “pelaku Firman” setiap kali anda merenungkan Firman Allah.

Percakapkan
  • Setelah membaca tentang metoda “Menggali”, kembalilah  pada bagian Firman Allah yang anda baca kemarin untuk saat teduh, lalu terapkan metoda ini pada perikop tersebut.  Kebenaran-kebenaran baru apa yang anda temukan?
  • Janji Allah apa yang anda pelajari hari ini?